I not stupid too 2


"I not stupid 2" ini judul film yang baru aja gw liat. awalnya iseng aja nontonin film garagara nyari kesibukan biar egk inget dan lupa sejenak ama rumah. film ini awalnya ngebuat gw ketawa, yaa karena emang lucu adegan dan gambar-gambarnya .. hahhaaaa


tapi setelah pertengahan cerita film ini sukses ngebuat gw nangis dan malah semakin ngebuat gw teringat akan kedua orang tua gw di rumah :( Film yang berasal dari negeri Singapore ini ceritanya sangat sederhana tapi yaa memang sangat menyentuh dan sarat dengan makna



Mungkin gw bakal sedikit bercerita tentang film ini. film ini menceritakan tentang anak dengan keluarga yang berbeda. sebut saja namanya Tom dan Jerry juga Chengcai. Tom dan Jerry ini kaka beradik dari keluarga yang kaya raya. Namun, kedua orang tuanya sangat sibuk dengan pekerjaan dan proyeknya. Orang tuanya cuma bisa memerintah anak melakukan hal-hal tertentu tanpa mencontohkannya. Misalnya saja saat dimeja makan tidak boleh menerima telpon, tetapi orang tuanya malah menerima telpon yang "penting" dari klien. Tom sangat suka sekali menulis blog dan hal lain yg kaitannya dengan komputer. Namun ibunya tidak mendukung dan menganggap remeh bakat yang dimilikinya. Saat Tom membantu ayahnya memperbaiki laptopnya yang rusak, Tom tidak menerima ucapan terima kasih tetapi yang didapatkannya tuduhan dan amarah. Sampai akhirnya, Tom menjadi anak yang nakal. Dia terpengaruh oleh teman-temannya karena disanalah dia merasa nyaman dan di anggap. Tom merasa ruamhnya tidak lebih sebagai tempat untuk tidur saja. Adiknya, Jerry yang akan tampil dalam drama sekolah diminta oleh ibu guru untuk mengundang orang tuanya. Namun Jerry sudah tau jika orang tuanya pasti akan sangat sibuk. Sampai akhirnya Jerry mendengar percakapan ayahnya dengan seorang klien yang membicarakan proyek yang dalam 1 jam mencapai 500 dollar. Dari sana lah Jerry mulai menabung uang. Tetapi karena tidak mencukup, akhirnya Jerry mencuri uang di kantin sekolah hanya untuk membeli waktu ayahnya selama 1 jam sebesar 500 dollar. Sama cerita juga dengan yang di alami Chengcai. Ayahnya sangat tidak menyukai bakat beladirinya. Karena didikan ayahnya dahulu yang sangat keras, akhirnya sang ayah menerapkannya juga pada Chengcai. Sang ayah tidak tahu bagaimana menunjukkan rasa sayang kepada anaknya. Yang dilakukannya hanyalah marah, memukul dan memaki. Namun akhirnyaa,kedua orang tua mereka sadar akan kesalahan mereka. mereka pun mengakui mereka gagal menjadi ayah dan ibu yang baik. Yang pasti ceritanya berakhir happy ending meskipun ayangnya Chengcai meninggal ;)

Dari film ini, banyak banget hal yang bisa gw pelajari. dan mungkin cerita ini juga ada yang gw alamin .. hehheeee


Inilah beberapa kutipan film yang sangat gw sukai :

"Kapan terakhir kali kau memuji seseorang? Kapan terakhir kali memujimu? "

"Semua orang punya kunci dalam diri mereka. Fokus pada bakat mereka, bukan pada kekurangan mereka. dengan itu kita bisa berkomunikasi dengan baik."

"Saat kita masih kecil ada begitu banyak dukungan dan pujian untuk membawa kita melewati rintangan. Kita tidak sadar begitu beruntungnya kita saat itu.
Seiring waktu berlalu,dukungan dan pujian itu berubah seiring kita beranjak dewasa. Semua Jadi berbeda".

"Berikanlah lebih banyak pujian. Lihatkan sisi baik seseorang. Apa itu sulit? Semua orang butuh pujian. Tapi kenapa kita sering ragu untuk sekedar memberi pujian?"

"Dalam diri setiap anak ada sisi gelap dan terang. Carilah sisi terang dan semua yang baik akan muncul."
ada pepatah yang berbunyi " Barang berguna dipakai dengan salah akan jadi tidak berguna. Barang tidak berguna dipakai dengan benar akan jadi berguna"

"Dari sini kita belajar, pengakuan terhadap seseorang adalah sumber kekuatan.
Keajaiban muncul mungkin dari sepatah kata yang paling sederhana, ekspresi atau tindakan yang paling kecil sekalipun. Kita tidak pernah tahu apa yang bisa kita ubah".


yaaap, dari sini gw semakin merasakan bahwa hal kecil yang kita berikan pada orang lain akan sangat berdampak besar. Sebuah pengakuan, akan membuat diri merasa dihargai dan dianggap keberadaannya. Tidak ada salahnya juga kita mengungkapkan dan menunjukkan rasa sayang kita kepada orang lain apalagi terhadap orang tua :D

Sebagai orang tua juga harus bisa memberikan contoh yang baik dan pengasuhan yang baik. Jangan sibuk sediri dengan tugas kerja dan proyek hingga menelantarkan anak. Jangan juga menganggap dengan kecukupan materi, anak akan menjadi bahagia. Hargai apa yang anak lakukan. berikan perhatian yang berkualitas kepada anak agar anak yang baik tetap menjadi baik dan bahkan lebih baik .

Comments

Popular posts from this blog

Cerpen: "Lelaki Sejati" karya Putu Wijaya

Vacation at Kota Tua part 2

Arti Sebuah Pengakuan